Antara Narcis dan Percaya Diri

Dulu saya berfikir bahwa ketika saya NARCIS, saya akan membuat diri saya berubah menjadi PD. Ini seperti proses self hypnosis. Apa yang diucapkan seseorang secara berulang2 lambat laun akan menjadi sugesti yang tertanam di alam bawah sadar dan akhirnya terasa NYATA.

Contohnya jika setiap hari ketika saya bangun pagi dan berkata pada diri saya "Gue Hebat, hari ini gue Luar Biasa" maka jika dilakukan rutin dan dengan keyakinan, kata2 tersebut seperti nyata. Saya seperti memiliki energi lebih untuk melakukan banyak hal.

Tapi entah salah penerapan atau salah kaprah saya terkadang merasa menjadi sangat NARCIS. ketika teman wanita saya berkata "Eh, lo nyebelin banget sih?" saya jawab "Peduli amat. Lo juga suka kan?"
Mungkin satu atau dua kali pernyataan mereka tampak tertawa lucu dan (mungkin) kagum dengan ke-PD an saya. Tapi setelah lebih dari itu pernyataan saya tampak sangat NARCIS, dan reaksi mereka "YEAKH"...

Akhirnya saya sadar. Tampak NARCIS itu bukan PERCAYA DIRI. Justru kadang orang yang tampak NARCIS terkesan gak PD.
Percaya Diri adalah saat dimana kita NYAMAN melakukan apapun karena kita yakin bahwa kita BISA.
Narcis adalah saat dimana kita berusaha MEMPERLIHATKAN kepercayaan diri kita untuk meminta PENGAKUAN dari orang lain bahwa kita PERCAYA DIRI.


Dan PERCAYA DIRI tidak membutuhkan pengakuan. Ada ataupun tidak ada pengakuan mereka selalu berjalan tanpa harus menunggu validasi. itu kenapa orang2 narcis selalu memuji dan meninggikan value mereka sendiri. Dalam hati mereka, mereka takut tidak DIAKUI dan takut berjalan sendiri tanpa pengakuan orang2 sekitar mereka.

Saya rasa sedikit narcis gak masalah. Toh semua orang bebas berekspresi. Yang penting jangan terlalu berlebihan. Kesannya kita kayak lagi promosiin diri kita dengan cara "Maksa".. :D

Kita PD atau berpura2 seolah2 kita PD, orang2 di sekitar kita punya cara sendiri bagaimana mereka menilai...



Sahabat Anda

This entry was posted on Rabu, 07 November 2012 and is filed under ,,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

2 Responses to “Antara Narcis dan Percaya Diri”

Silakan berkomentar tapi jangan terlalu KEJAM ya.. ^_^